CURRICULUM VITAE BENNY ARNAS

Saking banyaknya, balon-balon itu tidak hanya menyesaki rongga dada, tapi juga kerongkongan dan mata. Baginya, menikmati terbitnya matahari tidak kalah indah atau bahkan sebenarnya jauh lebih indah daripada menyaksikan tenggelamnya bintang mahabesar itu. Saban bercerita, matamu adalah dua buah kelereng yang tak berwarna; hambar dan kosong. Ibu, tidakkah bisa kau bayangkan, seorang pencinta yang galau tengah memetik kelapa dengan air mata yang leleh dan masa lalu yang mencabik-cabik di punggung? Ini pertama kalinya aku menyadarinya.

Keculai aku sebagai narator, kamu yang menjadi pepuja hati, dan tokoh-tokoh lain yang juga disamarkan. Skip to content Menu. Senja baru saja menjatuhkan jarum-jarum gerimis. Salah satu yang kentara ialah bagaimana kejumudan teks sastra dewasa ini mengurung banyak penulis pada keran-keran yang diciptakan sekaligus ditutup rapat sendiri. Dan kreativitas, meskipun kerap lahir di bawah tekanan, tak ada salahnya diberi kemudahan-kemudahan untuk memberikan alternatif yang lebih terbuka. Bahwa bisa saja dia adalah ayam yang kebetulan menetas di antara telur bebek. Pembaca diperkenankan menafsirkan dengan leluasa.

Balon-balon itu jumlahnya banyak.

Cerpen yang Panjang dan Ketahanan Membaca Masyarakat yang Mengenaskan

You are commenting using your WordPress. O, curriculum vitae benny arnas air itu kini benar-benar sudah meletus. Bahkan tak jarang langit senja menjadi sangat aneh dan menakutkan. Walaupun, dalam hati, kuakui bahwa apa-apa yang disampaikannya ada benarnya.

Jual Buku Curriculum Vitae oleh Benny Arnas

Novel itu diterjemahkan ke berbagai bahasa dan juga meraih banyak penghargaan. Aku harap kami bisa segera berhenti berdebat.

Pembaca diperkenankan menafsirkan dengan leluasa. Kali ini suaramu penuh gairah. Padang Ekspres, 9 Juli Ia meninggal karena selalu gagal mengusir bayang-bayang Ayah….

Jual Buku Curriculum Vitae oleh Benny Arnas – Gramedia Digital Indonesia

Kerongkonganmu seperti dililit dasi yang makin lama makin kencang. Novel ini harus diakui sebagai novel dengan keberanian Benny Arnas untuk berspekulasi.

Read Also:  CREATIVE WRITING WMU

Ternyata tradisi pencerpenan Di tengah kemanjaan yang merajalela seperti ini, salah satu tawaran solusi yang tampaknya mesti dicoba adalah dengan memaksa—ya, memaksa—penulis cerpen untuk menghasilkan karya yang panjang hingga berpuluh-puluh halaman. Menjadi kultur, menular dan mapan. Aku pun refleks menunduk menghindarinya. Tetapi lewat buku ini, yang dinobatkan sebagai pemenang unggulan dalam Sayembara Novel Dewan Kesenian Jakarta DKJsetidaknya Benny Arnas telah membuktikan curriculum vitae benny arnas sebagai sastrawan yang tidak berhenti pada satu bentuk, membuka keran kejamakan, curriculum vitae benny arnas termasuk penulis stagnan yang tidak mau membuka pikiran.

Malasenja; Cerpen Terbaru Benny Arnas

Facebook Twitter Google Pinterest. Sebagaimana subjudul yang dipilih penulis, kita akan menemukan mungkin sebanyak seratus enam buah kisah pendek.

Menjadi curriculum vitae benny arnas, panduan, pegangan, tolok ukur, dan kriteria sehingga mau-tidak-mau wajib diimani siapa pun yang ingin mengarungi dunia cerpen. Tak seorang pun yang mampu curriculum vitae benny arnas dia curriculum vitae benny arnas kebersamaan kami dari hidupku. Baru saja aku akan menanyakan keterdiamanmu, kau menjawab pertanyaanku:.

Ayah—Ayah—Ayah memang bukan orang yang curriculum vitae benny arnas, tapi dia juga tidak seperti yang mereka tuduhkan. Dalam salah satu esainya di basabasi. You are commenting using your Twitter account. Yang seolah berdiri sendiri namun menjadi potongan puzzle yang bila disatukan menjadi hamparan kisah.

Notify me of new comments via email. Dan kreativitas, meskipun kerap lahir di bawah tekanan, tak ada salahnya diberi kemudahan-kemudahan untuk memberikan alternatif yang lebih terbuka.

Gramedia Pustaka Utama Penulis: Gemuruh itu adalah balon udara berisi air garam yang hangat. Ah, betapa mudah mood -mu berubah. Merampungkan satu novel ini, hanya ada kesan curriculum vitae benny arnas novel ini disusun dengan ambisius untuk menunjukkan antitesis yang dipilih penulis. Novel sepanjang halaman ini terdiri dari banyak fragmen kecil, potongan kisah, atau flash fiction yang jahit-menjahit menjadi sebuah bangunan besar bernama novel.

Read Also:  SHARJAH INDIAN SCHOOL HOLIDAY HOMEWORK

Senja yang kehilangan ketenteramannya. Mendayu namun pas untuk gaya novel yang demikian. Seperti dulu Ibu kerap bilang: Sejauh ini, tidak ada pemaksaan-masif yang lebih baik selain dengan mendorong para cerpenis untuk berkarya dalam sayembara yang memberikan keluasan kreatif. Padang Ekspres, 9 Juli sumber gambar: Merdeka kepada Pujangga Milenial M. Ada Fulan, Fulanah, Fulano, Fulani, dsb. Namun, kenyataan itu tak lekas membuat media publikasi cetak arus utama—koran, majalah, dan antologi cerpen—mengubah kecenderungannya.

Pembaca bisa membuka dari halaman mana saja, dan mulai membacanya. O, setidak-berarti itukah diriku? Tentu tak banyak yang tahu—atau hanya mereka yang melihat dunia cerpen ini dari pelbagai sudut pandang dan berjuta kemungkinan untuk menghadirkan kemaslahatan bagi semesta—bahwa Facebook dan teman-temannya yang bernama Media Sosial adalah fasilitas yang Tuhan hadiahkan bagi dunia yang selalu berubah, tak terkecuali bagi jagat cerpen yang meniscayakan kreativitas dalam proses produksinya.

Sang Penyair Teladan 2: Seratus Enam Urusan, Sembilan Puluh Perumpamaan, Sebelas Tokoh, Sepasang Kegembiraan ini menghadirkan bentuk yang tidak baku untuk kategori novel dalam perkembangan sastra dewasa ini.